Info Pendidikan Bogor

Info | Silabus | Pendidikan | Dunia IT | Bogor | Komputer | Manajemen

Sejarah Kampus Tunas Patria

RIWAYAT TUNAS PATRIA

 

Tunas Patria pada mulanya adalah Lembaga Pendidikan Komputer yang berdiri pada tanggal 10 November 1994 yang menyelenggarakan Pendidikan Non Formal berupa Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya manusia (SDM), berupa kursussingkat (Short Course).

Jenis Pendidikan Akuntansi. Adapun Legalitas dari pada penyelenggaraan Kursus Singkat (Short Course). Dengan jenis Pendidikan computer Akuntansi tersebut melalui SK. Depdiknas No. 641/PLSMIV/1997. maksud dan tujuan utama Lembaga ini didirikan adalah pertama untuk membantu pemerintah dalam rangka meningkatkan dan mencerdaskan kehidupan bangsa bagi seluruh warga negara tanpa membedakan latar budaya, Agama, dan status social, Kedua membantu pemerintahan dalam  pemerataan dan penyebaran pendidikan disegala lapisan masyarakat.

 

Lembaga Tunas Patria yang berdiri sejak 10 November 1994 selam + 6 tahun menyelenggarakan diklat ( Kursus Singkat ) dan kemudian di tingkatkan dengan program Extention, maka untuk bias memperluas bidang usaha pendidikannya Lembaga Tunas Patria berubah statusnya menjadi Yayasan yang di sah kan pada tanggal 15 Maret 2000 melalui notaries Adam Kasdarmadji, SH di Jakarta. Pada tanggal 16 Januari tahun 2001 Yayasan Tunas patria diberi kepercayaan untuk mengelola jenjang pendidikan STIE dari Yayasan Corpotarin, dengan program study Managemen Keuangan Perbankan dan Akuntansi. STIE Corpotarin telah menjadi STIE Tunas Patria pada tanggal 11 juni 2001 dengan pengsahan melalui Notaris Budiyono,SH di Jakarta, dan telah mendapat persetujuan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi sesuai SK.No. 12/D/0/2001.

 

Selanjutnya Tunas Patria yang sudah berbentuk Yayasan pada tahun 2004 menambah jenjang pendidikannya dengamn merintis membuka program DIII Akademi dengan Progaram Studi Manageman Informatika dan Komputerisasi Akuntansi dan sudah mendapat SK dri Dikti dengan SK.No.116/D/O/2004 dengan No akta 09 tertanggal 09 Agustus 2004, Pada Tahun yang sama juga Yayasan Tunas Patria untuk membuka Program D-III Akademi Sekretaris guna menunjang jenjang Pemdidikan yang sudah ada, adapun Program Studi yang di buka yaitu Sekretaris dan Manageman Perkantoran dan dengan waktu yang sama juga sudah mendapat SK dari Dikti dengan SK.No. 117/D/O/2004, dengan no akta 09 tertanggal Agustus 2004.

 

Dalam rangka menunjang Program Pemerintah guna mendukung Pendidikan Luar Sekolah dari masyarakat Yayasan Tunas Patria yang didukung dan tunjang dari SDM Sekolah Tinggi dan Akademinya, yang sebelumnya menyelenggarakan Program Pendidikan dan Pelatihan berupa kursus singkat dan program Extention 6 bulan selanjutnya, Program Pendidikan dan Pelatihan SDM di tingakatkan kea rah yang mendekati Jenjang Pendidikan Formal yaitu Program Profesional 1 & 2 tahun yang lulusannya kualitasnya setara dengan Program Diploma.

 

Adapun Jurusan/Progaram  studi yang di buka yaitu Manajemen Informatika, Komputer Akuntansi, Design Grafis Sekretaris, Public Relation, Teknologi Informasi. Dan untuk lokasi belajar mengajar untuk wilayah Jakarta ada 4 cabang, yaitu Cabang Blok M, Kramat Raya, Depok, dan Pasar Minggu. Dan dalam Tahun Akademik 2002 Yayasan Tunas Patria sesuai dengan maksud dan tujuannya sudah mengembangkan dan melebarkan cabang Program Pendidikan Non Formal di WilayahJakarta, Seperti di Wilayah Jawa Barat. Yaitu di kabupaten Cianjur, Kota Cilegon, KotaMadya Bandung, KotaMadya Cirebon, Kabupaten Ciamis, dan Wilayah Jawa Tengah yaitu, di kota Yogyakarta, Kabupaten Purworejo, Kabupaten Banjarnegara, dan Kabuipaten Pekalongan.

 

 

Sampai saat ini, Jumlah mahasiswa yang belajar aktif kurang lebih ada sekitar 1700 siswa belajar yang tersebar di semua cabang Tunas Patria, Serta jumlah siswa yang telah lulus menyelesaikan pendidikannya di Tunas Patria kurang lebih ada 7.518 siswa.

 

Adapun Misi dan Visi Tunas Patria adalah mencerdaskan Kehidupan bangsa Indonesia dengan mengembangkan dan meningkatkan Sumber Daya Manusia melalui Pendidikan bermutu, berkualitas, dengan biaya yang terjangkau.

 

UMUM

 

Yayasan didirikan diJakartaberdasarkan Akta Pendirian No. 51 tanggal 15 Maret tahun 2001. pada tanggal 31 Desember 2002, Yayasan sudah beroperasi melalui 3 cabang Kampus Pendidikan Tinggi, 3 cabang kampus Akademi dan 9 Kampus Program Diploma Profesional 1 & 2 Tahun dan Kursus yang sebagian besar di kembangkan di luar Jakarta.

 

KEGIATAN USAHA

 

Konsentrasi atau  focus pada kegiatan utama Yayasan yaitu Pendidikan untuk di kembangkan melalui kerjasama-kerjasama pembukaan cabang baru baik di wilayah Jabotabek, maupun di luar Wilayah jabotabek, dengan tahap permulaan awal kerjasama melalui tahap Pendidikan dan Pelatihan Singkat atau Kursus seperti, Program Windows, Autocad, Desaign Grafis, DEA, Myob, Pajak Brevet A/B/C, Ekspor-Impor, Akuntansi, Bhs.Ingris, Mandarin, Jepang, dll. Dengan menggunakan perijinan melalui SK Diklusemas SK.No.641/PLSM.IV/1997, yang kemudian melalui SK Perijinan tersebut di kembangkan ke Program Pendidikan Setara Diploma, yaitu Progaram Profesional 1& 2 tahun dengan Jurusan.Program Studi Manajemen Komputer, Komputerisasi Akuntansi, Sekretaris, Public Relation, Desaign Grafis, Teknilogi Informasi.

 

Selain dari pada itu, untuk menunjang bidang usaha pendidikan yang di tawarkan ini dan juga guna mendorong untuk mendongkrak pasar, guna memperbesar jumlah konsumen dan menambah income cabang kerjasama, Yayasan dalam hal ini memberikan tambahan peluang bidang usaha yaitu Media Iklan Cetak, yang berorientasi kepada khususnya pemasang Iklan yang tentunya juga akan menambah relasi perusahaan yang dampaknya akan mendukung berlangsungnya kinerja cabang kerjasama.

 

SUMBER DAYA MANUSIA

 

Sumber Daya Manusia (SDM) bagi Yayasan merupakn salah satu factor yang sangat penting peranannya untuk kinerja Lembaga untuk mencapai keberhasialn usaha Yayasan, oleh karena itu untuk meningkatkan kemampuan Manajemen, keterampilan dan keahlian serta produktifitas SDM yang ada, Yayasan secara teratur menyelenggarakan dan mengirim beberapa staff Karyawan untuk mengikuti berbagai kegiatan seminar, Studi banding, lokakarya, Pendidikan dan Pelatihan yang menunjang di berbagai institusi/instansi baik di dalam maupun di luar lingkungan Yayasan. Yayasan dalam membayar gaji kepada karyawan telah membuat ketentuan Standar Upah Minimum  yang di tetapkan oleh Pemerintah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on June 4, 2012 by in Info Kampus and tagged .
%d bloggers like this: