Info Pendidikan Bogor

Info | Silabus | Pendidikan | Dunia IT | Bogor | Komputer | Manajemen

Tata tertib dan Sanksi

SANGSI AKADEMIK

Tertib proses penyelenggaraan pendidikan adalah syarat mutlak untuk menciptakan suasana belajar yang baik dan menjamin mutu pendidikan. Tertib proses pendidikan wajib dijaga dan diusahakan terus peningkatannya. Semua yang terlibat daloam proses pendidikan wajib menaati semua ketentuan akademik serta administrasi akademik dan tata tertib kehidupan kampus.

Terhadap semua pelanggaran, baik pelanggaran ketertiban kampus maupun pelanggaran administrasi dan akademik dapat dikenakan sanksi akademik sesuai dengan etika pendidikan.

Memalsukan dokumen dikenakan sanksi teguran atau pencatan sebagai mahasiswa STIE TUNAS PATRIA

  1. Apabila tidak melakukan kewajiban keuangan dengan tepat waktunya tidak diperkenankan mengikuti kegiatan akademik.
  2. Apabila tidak melaksanakan registrsi / pendaftaran ulang tidak diperkenankan mengikuti kegiatan akademik perkuliahan dan ujian maka yang bersangkutan dianggap tidak hadir.
  3. mahasiswa yang telah melakukan registrasi atau daftar ulang, tetapi tidak mengikuti kegiatan akademik pada semester yang akan datang. Apabila yang bersangkutan memaksakan diri untuk mengikuti kegiatan akademik perkuliahan dan ujian maka yang bersangkutan dianggap tidak hadir.
  4. Mahasiswa yang melakukan registrasi atau daftar ulang, tetapi mengikuti kegiatan akademik dan tidak cuti akademik, pada akhir semester akan memperoleh nilai E untuk semua mata kuliah yang direncanakan dan diperhitungkan dalam IP
  5. Mahasiswa yang menganggu tata tertib perkuliahan dapat dikeluarkan dari ruang kuliah dan berakibat negativ bagi nilai mata kuliah yang bersangkutan
  6. Mahasiswa yanng tidak mentaati tata tertib ujian atau melakukan kecurangan akan dikenakan sanksi:
  1. Teguran
  2. Tidak diperbolehkan mengikuti ujian
  3. ujian dibatalkan dan memperoleh nilai E
  4. Pembatalan ujian atau Tugas Akhir
  5. Dikeluarkan dari STIE TUNAS PATRIA
  6. Skorsing atau larangan mengukuti kegiatan akademik
  7. Diserhkan kepada yang berwajib
  8. Dikeluarkan dari TUNAS PATRIA
  1. Pemalsuan akademik seperti penyontekan, jiplak Tugas Akhir dan sebaginya, dan semua bentuk kecurangan akademik baik yang dilakukan dalam mengikuti perkuliahan maupun dalam ujian dapat dikenakan tindakan:
  1. Semua pelanggaran tata tertib kehidupan kampus akan dikenakan tindakan:

UMUM

Peraturan dan tata tertib yang berlaku di STIE TUNAS PATRIA, baik akademik maupun kemahasiswaan, semata-mata di tujukan pada upaya peningkatan kualitas kualitas mahasiswa terutama di harapkan agar mahasiswa dapat menyelesaikan studi tanpa suatu halangan atau kendala yang berarti tepat waktu.

Bagi mahasiswa STIE TUNAS PATRIA, peraturan dan ketentuan tersebut menjadi hal pokok yang harus ditaati dan dilaksanakannya

Selain itu setiap mahasiswa setiap mahasiswa STIE TUNAS PATRIA diharuskan memahami pengertian atau istilah yang berlaku, baik dibidang akademik maupun kemahasiswaan. hal ini dimaksudkan agar mahasiswa cepat tanggap apabila dijumpai istilah-istilah yang berlaku.

TATA TERTIB PERKULIAHAN

  1. Setiap peserta kelompok mata kuliah, harus tercantum dalam daftar hadir
  2. Selama mengikuti perkuliahan harus berpakaian sopan dan rapi
  3. Harus memakai sepatu dan tidak memakai sandal
  4. Tidak membawa senjata tajam, obat terlarang, minuman keras dan meminum-minuman keras atau mabuk dalam kampus.
  5. Tidak melakukan tindak kekerasan/penganiayaan/ancaman atau perbuatan tidak sopan kepada dosen, Asisten/ karyawan lainyya serta sesama mahasiswa.
  6. Tidak melakukan kegiatan politik praktik praktis atau semacamnya, baik dimata pemerintah maupun dimata masyarakat .
  7. Pelanggaran atas ketentuan atau tata tertib tersebut akan dikenakan sanksi akademik diantaranya:
    1. Dikelurkan dari kelas serta dicatat konditenya
    2. Mendapat peringatan keras
    3. Diskrosing
    4. Dituntut secar hukum sesuai peraturan yang berlaku.
    5. Dikeluarkan dari TUNAS PATRIA

TATA TERTIB UJIAN TENGAH KEHADIRAN DAN PRASYARAT MENGIKUTI UJIAN TENGAH SEMESTER DAN UJIAN AKHIR SEMESTER

  1. Lima belas menit sebelum ujian dimulai, npeserta ujian sudah duduk dimulai, npeserta ujian sudah duduk dimulai, peserta ujian sudah duduk dibangku yang sudah disediakan sesuai dengan NIM/NOMOR yang telah ditentukanuntuk ruangan tersebut.
  2. Peserta ujian harus dapat menunjukan PBU (BUKTI PESERTA UJIAN) dan kartu mahasiswa yang berlaku pada tahun akademik yang bersangkutan. Apabila peserta ujian tidak dapat menunjukan kedua kartu tersebut, maka yang bersangkutan tidak dapat mengikuti ujian.
  3. Peserta ujian yang datang terlambat dengan alasan apapun tidak dapat perpanjangan waktu.
  4. Pengawasan ujian dapat menolak peserta ujian yang datang terlambat lebih dari sepertiga waktu ujian mata kuliah yang bersangkutan atau setelah peserta ujian mata kuliah yang bersangkutan nmeninggalkan ruangan ujian.
  5. Peserta ujian yang tidak mengikuti ujian dengan alasan apapun dianggap gugur.

TATA TERTIB SEWAKTU MENGIKUTI UJIAN

  1. Peserta ujian harus bertindak sopan dan berpakaian rapi sebagai berikut :
  2. Pria, kemeja warna putih polos, celana panjang warna hitam polos ( bukan jeans)
  3. Wanita, Blouse warna putih polos, rok/celana wanita hitam polos (bukan jeans)
  4. Peserta ujian dilarang makan, minum atau merokok di dalam ruangan ujian
  5. Peserta ujian dilarang meminjam atau  eminjamkan peralatan- peralatan ujian ( termasuk alat tulis ) dari atau kepada peserta ujian lainyya
  6. Peserta ujian dilarang membantu atau dibantu peserta ujian lainnya.
  7. Peserta ujian dilarang berbicara satu dengan yang lainyya atau berbicara sendiri atau berbuat sesuatu hal yang tidak ada hubunganya dengan ujian atau melakukan tindakan yang tidak sopan atau  dianggap mengganggu tata tertib (ketertiban ujian)
  8. Peserta ujian di larang membuku buku atau catatan lainyya pada saat ujian yang sifatnya tutup buku.

SANKSI TERHADAP TATA TERTIB UJIAN

  1. Teguran secara lisan atau dipindahkan tempat duduknya oleh pengawas ujian
  2. Nilai  ujian untuk mata kuliah yang bersangkutan di nyatakan tidak lulus
  3. Peserta ujian dikeluarkan dari ruang ujian dan haknya untuk mengikuti ujian mata kuliah yang bersangkutan di nyatakan gugur
  4. Peserta ujian yang bersangkutan tidak di perkenankan mengikuti ujian-ujian selanjutnya dan yang bersangkutan di nyatakan gugur.

LAIN-LAIN

  1. Keputusan panitia ujian tidak dapat di ganggu gugat
  2. Nilai yang diberikan dari dosen penguji/pemeriksa dinyatakan final dan tidak dapat diganggu gugat
  3. Sebelum yudisium, mahasiswa dilarang menghubungi dosen secar pribadi maupun berkelompok.

SANKSI ATAS TINDAKAN PELANGGARAN DAN KEJAHATAN

Dalam peraturan ini yang dimaksud dengan pelanggaran dan kejahatan adalah sebagai berikut:

  1. Tidak pemalsuan, yaitu perbuatan yang disengaja untuk mengganti nilai dalam atau memalsukan daftar nilai semester, mengganti nilai mata kuliah yang disetujui penasehat akademik dan memalsu bukti peserta ujian, memalsu bukti pembayaran, memalsu tanda tangan pejabat,  memalsu cap/ stempel STIE TUNAS PATRIA dan tidak pemalsuan yang lain.
  2.  Tidak pengrusakan, yaitu perbuatan yang disengaja atau karena kecerobohan yang menimbulkan kerusakan dokumen, barang-barang atau fasilitas pendidikan yang ada dalam lingkungan STIE TUNAS PATRIA .
  3. Tindak pencurian, aitu mencuri dokumen, barang-barang atau fasilitas pendidikan lain yang ada dalam lingkungan STIE TUNAS PATRIA.
  4. Tindak pengancaman, yaitu ucapan atau perbuatan yang bersifat atau mengandung ancaman/serangan terhadap karyawan Dosen atau sesama mahasiswa.
  5. Tindakan pelanggaran lain yang merugikan nama baik STIE TUNAS PATRIA termasuk civitas akademika dan karyawan yaitu ucapan atau perbuatan yang disengaja untuk menjelek-jelekan, menghina, mendiskriditkan, dan atu menuduh hal-hal yang tidak dapat dibuktikan dan ucapan atau perbuatan yang menimbulkan keresahan dalam lingkungan STIE TUNAS PATRIA.
  6. Mahasiswa STIE TUNAS PATRIA yang terbukti mengganti nilai dan memalsukan hasil ujian/daftar nilai semester dapat dikenakan sanksi setinggi-tingginya berupa skorsing ( pemberentian sementara) satu semester dan nilai yang diganti dan atau dipalsukan dikembalikan pada nilai aslinya.
  7. Mahasiswa STIE TUNAS PATRIA  yang terbukti mengganti nilai mata kuliah yang telah disetujui Dosen penasehat akadenika, dan atau memalsukan Bukti Peserta Ujian dapat dikenakan sanksi setinggi-tingginya berupa skorsing satu semester.
  8. Mahasiswa STIE TUNAS PATRIA yang terbukti memalsukan tanda tangan pejabat STIE TUNAS PATRIA dapat dikenakan sanksi dikeluarkan atau dipecat dari kedudukannya selaku mahasiswa TUNAS PATRIA.
  9. Mahasiswa STIE TUNAS PATRIA yang terbukti dengan sengaja atau dengan kecerobohannya merusak dokumen, barang-barang, atau fasilitas pendidikan yang lain yang ada di lingkungan kampus STIE TUNAS PATRIA dan fasilitas lain milik STIE TUNAS PATRIA dapat dikenakan sanksi setinggi-tingginya berupa skorsing satu semester.
  10. Mahsiswa STIE TUNAS PATRIA yang terbukti mencuri dokumen, barang-barang , atau fasilitas pendidikan yang lain yang ada di lingkungan kampus STIE TUNAS PATRIA, dapat dikenakan sanksi dikeluarkan atau dipecat dari kedudukannya sebagai mahasiswa STIE TUNAS PATRIA dan perkaranya akan diserahkan kepada pihak kepolisian .
  11. Mahasiswa  STIE TUNAS PATRIA yang terbukti dengan sengaja mengucapkan kata-kata atau tindakkan yang bersifat menjelek-jelekan, menghina, mendiskreditkan, atau merugikan nama baik STIE TUNAS PATRIA termasuk civitas akademika dan karyawan dapat di kenakan sanksi dikeluarkan atau dipecat dari kedudukannya sebagai mahasiswa STIE TUNAS PATRIA.
  12. Mahasiswa STIE TUNAS PATRIA yang terbukti dengan sengaja melancarkan isu-isu yang dapat melancarkan keresahan dan atau sentimen kesetujuan, pertentangan agama, rasialisme dan pertentangan antar golongan (SARA)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: